Langsung ke konten utama

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang yang Benar Supaya Cepat Besar

Larva atau burayak ikan cupang merupakan anakan ikan cupang yang baru menetas dari telur yang tersimpan pada gelembung gelembung udara. Proses penetasan telur menjadi burayak memakan waktu lebih dari 24 jam. Keadaan burayak pada saat itu masih belum stabil dan belum bisa berenang. Sehingga ada peran indukan jantan disitu untuk mengangkat burayak ke atas permukaan air. sehingga burayak bisa belajar berenang dan memperkuat bagian tubuhnya dengan cepat.

burayak ikan cupang yang baru menetas
burayak ikan cupang yang baru menetas

Proses perkembangan burayak dari waktu penetasan sampai menjadi burayak yang bisa berenang stabil memakan waktu lebih dari 3 hari.

Disaat itulah indukan jantan bisa kita pindahkan ketempat lain dan kita bisa fokus pada pembesaaran burayak ikan cupang.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang yang Benar Supaya Cepat Besar

Jika pada waktu pemijahan menggunakan wadah yang cukup besar, misal dengan ukuran panjang dan lebar 30 c, ini sudah cukup untuk tempat pembesaran burayak hingga umur 1 bulan. Jika burayak yang dihasilkan cukup banyak dan ketika umur satu bulan bisa di pindahkan kewadah yang lebih besar lagi.


Ketika umur burayak sudah 3 hari lebih dan terlihat sudah bisa berenang stabil maka bisa langsung kita kasih makan dengan Artemia atau Infusoria.

Dari pengalaman pribadi, saya lebih menggunkan pakan artemia.

Bagaimana cara mendapatkan pakan artemia hidup?

Kamu bisa beli di toko online yaitu supreme plus atau telur artemia.

Untuk mendapatkan artemia hidup kita perlu menetaskan telur artemianya terlebih dahulu, dengan cara menyiapkan wadah yang berisi air lalu masukkan garam ikan dengan takaran 2 sendok makan perliter air, lalu gunakan airator untuk menciptakan arus air yang terus bergerak secara dinamis, sehingga telur telur artemia yang sudah dimasukkan akan menetas.

Setelah mendapatkan artemia hidup kamu bisa memberiakan langsung ke pada burayak ikan cupang secara merata pada waktu pagi hari.

Minimal 1 kali sehari dalam pemberian pakan burayak di mulai pada waktu pagi hari.

Selalu perhatikan untuk tingkat pemerataan pemberian pakan pada burayak, karena jika ada burayak yang tidak mendapatkan pakan karena wadah yang terlalu luas atau terlalu dalam, ini bisa menyebabkan kematian pada burayak tersebut. pengalaman pribadi saja jika sehari saja burayak tidak mendapatkan pakan kemungkinan besar burayak akan mati.

Ketika umur burayak sudah mencapai 1 bulan, burayak akan lebih membutuhkan pakan yang lebih banyak, sehingga bisa coba dikasih pakan hidup yang lain, seperti kutu air, jentik nyamuk, dan cacing sutra. Atau bisa juga menggunakan pakan istan seperti artemia polar red dan baby shrimp. Ini supaya pakan anak cupang bisa selalu terpenuhi dan pastinya akan membuat pertubuhan anak cupang lebih cepat.

Begitulah sekilas cara merawat burayak cupang supaya cepat besar, jika teman teman punya cara yang lebih ampuh dan mudah lagi bisa komen di bawah ya, trimakasih.

Related Posts

Komentar

Connect With Us