Langsung ke konten utama

Cara Membersihkan Wadah Anak Ikan Cupang

Anak Ikan Cupang

Kebersihan air dalam pembesaran burayak ikan cupang sangatlah penting, karena kalau kualitas air semakin hari semakin buruk akan bisa menyebabkan kematian pada burayak. Kali ini cupangalam ingin membagikan edukasi dan tips cara membersihkan wadah anak ikan cupang agar kualitas air tetap terjaga.

Cara Membersihkan Wadah Anak Ikan Cupang

Kebanyakan pembudidaya ikan cupang biasanya menggunakan wadah yang cukup lebar untuk pembesaran anak ikan cupang, namun perlu di ketahui bahwa intensitas pembersihan pada wadah anak ikan cupang sangatlah jarang di lakukan.

Jadi ketika telur ikan cupang menetas dan burayak ikan cupang sudah cukup kuat untuk bertahan dan berenang, maka akan di pindahkan kewadah pembesaran yang berukuran cukup lebar dengan tinggi air minimal.

Ketika anak ikan cupang sudah berada pada wadah pembesaran, lebih bagus untuk menambahkan cairan EM4 perikanan. Dengan perbandingan dosisi 1 tetes per 1 liternya.

Ini berguna untuk menjaga kualitas wadah tetap terjaga dan tahan lama, walau wadah tidak dibersihkan secara rutin. Karena EM4 akan membuat ekosistem air menjadi seimbang. 

Namun jika kita lihat kualitas air menjadi keruh akibat pakan yang berlebihan, maka air bisa kita ambil sebagian dan menambahkan dengan air baru yang bersih.

Wadah yang menjadi coklat kehijauan akibat pengaruh EM4 ini merupakan hal yang normal dan memang sangat alami untuk ekosistem air, kondisi tersebut akan menguntungkan karena kotoran anak ikan akan terdaur ulang dan menjadi makanan bagi tumbuhan plangtong hijau. Tumbuhan plangton hijau yang berfotosintesis didalam air akan memperkaya kandungan oksigen didalam air sehingga air tetap baik untuk digunakan. oleh karena itu tempatkan lah wadah ikan cupang di luar ruangan supaya cahaya matahari bisa masuk. 

Kesimpulan

Jadi untuk membersihkan wadah pembesaran anak ikan cupang, hanya dilakukan jika di dalam wadah tersebut tidak ada ekosistem air yang terbentuk, sehingga menyebabkan kotoran ikan tidak terdaur ulang. maka hal ini perlu di tindak lanjuti, jika kita melakukan penyedotan kotoran ikan dengan sifon, ini pun sangat beresiko karena anak ikan bisa tersedot. Jadi lebih baik pindahkan anak ikan ke wadah yang baru yang sudah bersih dan air yang bersih.

Related Posts

Komentar

Connect With Us